Published On: Fri, May 24th, 2013
Uncategorized | By admin

LBH Makassar Sesalkan Pemeriksaan Tertutup Bupati Tana Toraja

Share This
Tags

TCN — Wakil Direktur Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Makassar Zulkifli menyesalkan sikap penyidik kepolisian terkesan tertutup dalam kasus lahan bandara di Tana Toraja. Bila penyidik menyembunyikan setiap perkembangan kasus ini, masyarakat akan bertanya- tanya mengenai keprofesionalan kepolisian.

“Memang tidak ada kewajiban polisi memublikasikan setiap pemeriksaan pejabat negara. Tapi ingat, kasus ini menjadi perhatian publik, jangan sampai ada kesan polisi ‘main mata’ dengan kasus tersebut,” katanya dikutip Koran Sindo kemarin.

Pemeriksaan terhadap Theofilus diungkapkan Kabid Humas Polda Sulselbar Kombes Pol Endi Sutendi kemarin.
“Pekan lalu Bupati Tana Toraja sudah dimintai keterangan oleh penyidik. Ini juga baru saya tahu dari penyidik,” kata Endy.

Padahal, Senin (20/5) lalu, Direktur Ditreskrimsus Polda Kombes Pol Pietrus Waine kepada wartawan mengaku, pihaknya akan melakukan pemeriksaan kepada orang nomor satu di Tana Toraja tersebut. Endi mengungkapkan, pemeriksaan terhadap Theofilus Allorerung untuk dimintai keterangannya dalam hal pembentukan Tim 9 pembebasan lahan bandara yang merugikan keuangan negara sebesar Rp6 miliar.

Meski begitu, dia menolak memberikan penjelasan secara perinci mengenai poin-poin serta jumlah pertanyaan yang dicecarkan kepada Bupati Tana Toraja.“MasihdalamkaitanTim 9. Itu poin pemeriksaannya. Pak Bupati masih sebatas saksi,” ujar Endi kepada KORANSINDO. Dalam kasus ini Ditreskrimsus Polda Sulselbar telah menetapkan dua orang tersangka, masing-masing Sekda Tana Toraja Enos Karoma dan Camat Mangkendek Ruben Rombe Randa. Enos Karoma juga merupakan ketua Tim 9, sementara Ruben Rombe Randa kapasitasnya sebagai anggota Tim 9.

Kabid Humas Polda menyatakan, tidak menutup kemungkinan jumlah tersangka kasus ini akan terus bertambah. Namun, Endi menolak membeberkan siapa-siapa yang dibidik Polda untuk ditetapkan sebagai tersangka berikutnya.

Sumber: SINDO

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Switch to our mobile site