Published On: Fri, Jun 14th, 2013
Uncategorized | By admin

Kejari Makale segera eksekusi 3 terpidana mati

Share This
Tags

MAKALE – Tiga terpidana mati asal kabupaten Tana Toraja segera dieksekusi. Tiga terpidana mati itu yakni, Agustinus Sambo alias Agus, Ruben Pata Sambo alias Ne’ Pata dan Markus Pata Sambo alias Markus.

“Kepastian tiga terpidana mati itu akan dieksekusi karena segala bentuk upaya hukum yang dilakukan mereka seluruhnya ditolak,” ungkap Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Makale, Jaka Suparna ditemui SINDO di Kejari Makale, Rabu(1/5/2013).

Dijelaskan Jaka, upaya banding di Pengadilan Tinggi (PT), kasasi di Mahkamah Agung hingga Peninjauan Kembali (PK) semuanya menguatkan putusan Pengadilan Negeri (PN) Makale yakni hukuman mati.

Salah satu terpidana mati yakni Agustinus Sambo juga sebelumnya mengajukan permohonan grasi. Akan tetapi permohonan grasi yang diajukan pada tanggal 16 Maret 2013 tidak diterima karena dinilai sudah melewati batas waktu pengajuan grasi. Sementara dua terpidana mati lainnya, Ne’ Pata dan Markus tidak mengajukan grasi.

Menurut Jaka, ketiga terpidana mati tersebut sudah tidak memiliki kesempatan untuk melakukan upaya hukum lainnya. Dengan begitu, sesuai dengan undang-undang, kewajiban Kejari Makale untuk melaksanakan eksekusi.

Pihak Kejari Makale sedang mempersiapkan segela sesuatunya menjelang eksekusi mati terhadap ketiga terpidana tersebut. Kejari Makale juga berkoodinasi dengan pihak Kejaksaan Tinggi Sulsel lantaran pelaksanaan eksekusi akan melibatkan sejumlah instansi terkait.

Hanya saja Kajari Makale itu enggan mengungkapkan waktu dan lokasi pelaksanaan eksekusi mati tersebut. Begitu juga, tempat ketiga terpidana mati tersebut dihatan saat ini masih dirahasiakan oleh Jaka. Dalam pelaksanaan eksekusi, Kejari Makale juga mempertimbangkan kondisi dan keamanan wilayah.

“Kami upayakan, eksekusi ketiga terpidana mati itu sudah akan dilaksanakan pada tahun 2013. Kami juga tengah berkoordinasi dengan Kejati untuk realisasi eksekusi mati tersebut,” jelas Jaka.

Ditambahkan Jaka, pihak Kejaksaan Negeri (Kejari) Makale akan memberitahukan kepada pihak keluarga masing-masing terpidana menjelang eksekusi mati akan dilaksanakan.

Ketiga terpidana mati tersebut merupakan pelaku pembunuhan satu keluarga di Tana Toraja pada tahun 2005 silam. Ketiga pelaku pembunuhan tersebut dijerat pasal 340 KUHP tentang pembunuhan berencana dan divonis mati.

Sumber: Sindonews.com

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Switch to our mobile site