Published On: Wed, May 8th, 2013
Uncategorized | By admin

Dua pejabat Dishutbun Toraja Utara ditahan

Share This
Tags

MAKAKE,TCN – Kejaksaan Negeri (Kejari) Makale menahan dua pejabat di lingkungan Dinas Kehutanan dan Perkebunan (Dishutbun) kabupaten Toraja Utara karena diduga terlibat kasus dugaan korupsi.

Kedua pejabat yang ditahan itu yakni, Kepala Dishutbun  Toraja Utara, Benyamin Rura dan Fredy yang menjabat Panitia Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) program reboisasi hutan dan lahan tahun anggaran 2012.

“Kepala Dishutbun Toraja Utara dan PPTK program reboisasi hutan dan lahan 2012 Dishutbun Toraja Utara kami tahan sejak Selasa (7 Mei 2013). Penahanan kedua pejabat itu usai menjalani pemeriksaan di kantor cabang kejaksaan Rantepao. Sehari sebelumnya keduanya sudah ditetapkan sebagai tersangka,” ujar Kepala Kejaksaan Negeri Makale, Jaka Suparna di kantor Kejari Makale, Rabu (8/5/2013).

Dijelaskan Jaka, keduanya jadi tersangka dalam kasus reboisasi diduga fiktif. Pelaksanaan program reboisasi hutan dan lahan tahun 2012 tersebar di lima kecamatan di wilayah Toraja Utara yakni kecamatan Rantebua, Sa’dan, Baruppu, Kesu dan Buntao. 

Setelah penyidik kejaksaan turun ke beberapa lokasi sasaran seperti di kecamatan Rantebua dan Kesu, ternyata program reboisasi hutan dan lahan yang anggarannya bersumber dari dana alokasi khusus (DAK) 2012 senilai Rp1,5 miliar tidak dilaksanakan sementara laporan pertanggungjawaban kegiatan menyatakan program tersebut sudah terealisasi.

Penyidik Kejaksaan juga masih mengembangkan kasus ini sebab tidak menutup kemungkinan kegiatan reboisasi hutan dan lahan di tiga kecamatan lainnya ditengarai tidak dilaksanakan.

“Dari dua sampel lokasi sasaran program reboisasi hutan dan lahan tahun 2012 ditemukan kerugian Negara sekitar Rp400 juta. Tidak menutup kemungkinan nilai kerugian bisa bertambah,” ujarnya.

Sumber: Sindonews.com

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Switch to our mobile site