Published On: Thu, Aug 22nd, 2013
Uncategorized | By admin

DPRD Tana Toraja Berharap Pembangunan Bandara Baru Dilanjutkan

Share This
Tags

MAKALE – Unsur pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tana Toraja memberikan dukungan politik terhadap rencana pembangunan bandara baru di Buntu Kunyi, Kecamatan Mengkendek.

Meski proses pembebasan lahan menuai masalah hukum, tapi DPRD Tana Toraja terus mendukung agar pembangunan bandara baru tetap dilanjutkan. “Persoalan hukum terkait pembebasan lahan pembangunan bandara itu lain ranahnya. Begitu pula pembangunan bandara baru di Kecamatan Mengkendek, tetap harus dilanjutkan,” ujar Wakil Ketua DPRD Tana Toraja Semuel Eban K Mundi kepada wartawan di Gedung DPRD Tana Toraja kemarin. Menurut dia, secara politis DPRD Tana Toraja akan tetap mendukung pemerintah menyelesaikan pembangunan bandara baru yang dirancang berskala internasional itu.

Sebagai daerah tujuan wisata, Toraja harus didukung sarana dan prasarana penunjang yang memadai seperti bandara. Banyak keluhan dari wisatawan yang datang ke Toraja, mereka harus menempuh perjalanan cukup lama menggunakan transportasi darat. Sementara waktu mereka untuk berwisata di Toraja sangat singkat. Pembangunan bandara baru di Kecamatan Mengkendek guna memperpendek waktu tempuh wisatawan yang datang ke Toraja.

Dengan begitu, wisatawan punya waktu lebih lama berwisata ke Toraja dibanding jika mereka menggunakan transportasi darat. Selain itu, keberadaan bandara yang bisa didarati pesawat berbadan lebar juga akan mendukung industri pariwisata yang menjadi andalan Toraja. Selain itu, bandara yang dibangun di Kecamatan Mengkendek manfaatnya tidak hanya dirasakan masyarakat Toraja, tetapi juga kabupaten tetangga. “Pembangunan bandara untuk kepentingan daerah dan masyarakat Toraja. Karena itu, penyelesaian pembangunan bandara harus didukung semua pihak,” katanya.

Legislator PDI Perjuangan Tana Toraja mengaku sebagai bentuk dukungan DPRD Tana Toraja, DPRD siap melakukan pengawasan ketat terhadap pelaksanaan proyek pembangunan fisik bandara baru tersebut hingga selesai. Termasuk pengawasan terhadap penggunaan anggaran yang dialokasikan untuk pembangunan bandara. “Semua pihak pasti menginginkan agar pembangunan bandara baru itu cepat selesai,” katanya. Konsultan Hukum DMO Pariwisata Toraja Pither Ponda Barany, juga berharap pembangunan bandara baru di Kecamatan Mengkendek harus dilanjutkan.

Keberadaan bandara sangat strategis untuk memajukan pariwisata Toraja. Untuk itu dia berharap semua pihak mendukung kelanjutan pembangunan bandara baru hingga selesai. “Pembangunan bandara harus tetap dilanjutkan. Persoalan hukum yang muncul dalam proses pembebasan lahan jangan sampai menghambat proses pembangunan bandara di Toraja,” katanya. (joni lembang)

Sumber: Koran Sindo

Displaying 4 Comments
Have Your Say
  1. LSM LEKAT says:

    Bandara Impian, Ujian dan Tantangan….Lanjutx..

  2. LSM LEKAT says:

    Bandara Impian, Ujian dan Tantangan….Lanjutx..

  3. endy says:

    share donk gambar pembangunannya…

  4. endy says:

    share donk gambar pembangunannya…

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Switch to our mobile site