Published On: Sun, Nov 25th, 2012
Uncategorized | By admin

Diknas Tana Toraja Diminta Rehab Enam Sekolah

Share This
Tags

MAKALE, TCN.com — Dinas Pendidikan Nasional (Diknas) Tana Toraja diminta untuk merehabilitasi enam sekolah dasar maupun sekolah menengah pertama, yang tersebar di beberapa kecamatan di Tana Toraja. Keenam sekolah itu sudah dalam kondisi memprihatinkan.
”Dari hasil konsultasi kita dengan Diknas dalam rangka penetapan APBD Perubahan tahun 2012, ternyata ada dana sisa tender sekitar Rp500 juta lebih di Diknas. Kita sarankan Diknas menggunakan dana itu untuk merehab beberapa sekolah yang sangat butuh perbaikan,” tegas Ketua Komisi II DPRD Tana Toraja, Massudi Sombolinggi, kepada wartawan di Makale, Kamis, 22 November kemarin.

Menurut Massudi, keenam sekolah, yang menurut pantauan Komisi II, membutuhkan rehabilitasi ringan maupun sedang, masing-masing SMP PGRI Buntu Datu, di Kecamatan Mengkendek, SMP Kristen Gandang Batu, Kecamatan Gandasil, SDN 305 Inpres Sa’tandung Kecamatan Saluputti, SDN 190 Lemo Malimbong, Kecamatan Malimbong Balepem, SDN 105 Durian serta SDN 168 Tapparan II, Kecamatan Rantetayo.

”Enam sekolah itu, berdasarkan pantauan kita, sangat membutuhkan rehabilitasi segera. Karena jika tidak, bisa mempengaruhi proses belajar mengajar di sekolah itu,” ujar Massudi.
Dijelaskan, rehabilitasi keenam sekolah itu, menurut analisis dewan, bisa selesai dikerjakan sebelum akhir tahun anggaran 2012.
”Karena bukan pekerjaan berat yang dilakukan. Selain itu, akses jalan menuju ke lokasi proyek sekolah-sekolah itu cukup bagus, sehingga tidak menyulitkan mobilisasi bahan,” tambah Massudi.
Untuk informasi, berdasarkan hasil pembahasan perubahan anggaran pendapatan belanja daerah (APBD-P) tahun anggaran 2012 antara komisi II DPRD bersama dinas pendidikan (Disdik) Tana Toraja, sisa tender pembangunan fisik DAK pendidikan tahun anggaran 2011 sebesar Rp597,3 juta.
Sisa tender tersebut diperoleh dari selisih pagu anggaran pembangunan fisik DAK 2011 dengan harga lelang.
Pembangunan fisik DAK pendidikan kabupaten Tana Toraja pada tahun 2011 dialokasikan di 28 sekolah dasar (SD) dan sekolah menengah pertama (SMP) untuk kegiatan rehabilitasi gedung sekolah dan tambahan ruang kelas baru (RKB). SD/SMP sasaran program pembangunan fisik DAK pendidikan 2011 mendapat pagu anggaran antara Rp200 juta hingga Rp400 juta.

Enam Sekolah yang Diminta Direhabilitasi

* SMP PGRI Buntu Datu, di Kecamatan Mengkendek
* SMP Kristen Gandang Batu, Kecamatan Gandasil * SDN 305 Inpres Sa’tandung Kecamatan Saluputti
* SDN 190 Lemo Malimbong, Kecamatan Malimbong Balepem
* SDN 105 Durian
*SDN 168 Tapparan II, Kecamatan Rantetayo

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Switch to our mobile site