Published On: Mon, Jan 30th, 2012
Uncategorized | By admin

Bupati Tana Toraja Siap Dukung Kejari Makale

Share This
Tags

MAKALE (TCN) – Bupati Tator Theofilus Allorerung mengatakan, pihaknya siap membantu kejaksaan dalam menegakkan hukum di daerah itu. Juga mempererat kerja sama dalam membangun kesadaran hukum di tengah masyarakat.

Dia mengungkapkan, pencegahan dan konsultasi hukum wajib dikoordinasikan dengan Pemkab Tator “Pemkab Tator tidak akan mencampuri upaya penegakan hukum yang masuk dalam ranah tindak pidana dan perdata di kejaksaan,” kata Theofilus. Pernyataan Theofilus tersebut disampaikan saat memberikan sambutan di acara pisah sambut Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Makale dari Paris Pasaribu ke Raymel Jesaya di rumah jabatan Bupati Tator akhir pekan lalu.

Raymel Jesaya sebelumnya pelaksana tugas (Plt) Kajari Takalar. Sedangkan Paris Pasaribu mendapat promosi sebagai Asisten Intelijen Kejaksaan Tinggi (Kajati) Nusa Tenggara Timur (NTT). Paris Pasaribu mengatakan, selama menjabat sebagai Kajari Makale,November 2008 hingga 25 Januari 2012,dia tak mengalami kesulitan dalam upaya penegakan hukum di Kabupaten Tana Toraja (Tator) dan Toraja Utara (Torut).

Pemerintah dan masyarakat dua kabupaten tersebut berperan dalam membantu Kejari Makale dalam menciptakan sadar hukum. Dari berbagai penanganan kasus pelanggaran tindak pidana umum, perdata, dan korupsi, dilaksanakan sesuai prosedur dan aturan. “Upaya penegakan hukum yang kami lakukan di wilayah hukum Kejari Makale tidak memandang status dan ras. Kesadaran hokum masyarakat Toraja juga relatif tinggi,” tegas Paris.

Kajari Makale Raymes Jesaya menegaskan, siap melanjutkan kebijakan yang telah dilaksanakan Kajari Makale sebelumnya. Dia berharap pemerintah dan masyarakat Tator dan Toru memberikan dukungan. “Saya belum bisa berbicara banyak karena masih baru sebagai Kejari Makale. Yang sudah dilakukan Kajari lama akan saya lanjutkan dalam penegakan hukum di Toraja,” ujar Raymes.

Acara pisah sambut Kajari Makale itu juga dihadiri Bupati Torut Frederik Batti Sorring, jajaran Muspida Tator, Ketua DPRD TatorWelem Sambolangi, dan para pimpinan satuan kerja perangkat daerah (SKPD) lingkup Pemkab Tator dan Torut. [joni lembang ]

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Switch to our mobile site