Published On: Sun, Mar 17th, 2013
Uncategorized | By Herpas

Perayaan 100 Tahun Injil Masuk Toraja Yang Meriah

Share This
Tags

Makale,TCN-Perayaan pembukaan 100 Tahun Injil Masuk Toraja yang dilaksanakan siang tadi 16/3 sangat meriah, Puluhan ribu massa dari berbagai Denominasi datang dari berbagai Daerah di Toraja dan luar Toraja datang membanjiri Kota sekitar Makale. Tak ayal jalan poros Makale Rantepao dan Sekitarnya Macet Total oleh ribuan kendaraan memadati tempat-tempat parkir dan sepanjang jalan. Antrian Kendaraan mencapai 5 kilometer hingga di Pantan.

Masyrakat mulai berkumpul sejak pagi meskipun acara baru di mulai pukul 14.0 siang hari. Acara di mulai dengan Karnaval berjalan kaki dari Lapangan sepak Bola Makale melewati Kantor Kecamatan Menuju Kolam Makale tempat pelaksanaan upacara pembukaan.

Peserta Karnaval terdiri dari para Drum band Utusan Klasis-klasis serta perwakilan gereja2 di Toraja.

Acara kemudian di buka oleh Bupati Tana Toraja Bpk. Theofilus Allorerung. Hadir Dalam pembukaan ini Bapak Wakil Gubernur Sulawesi Selatan, Anggota DPR RI Bpk. Markus Nari, Litha Brent Para Pimpinan Gereja-gereja di Toraja dan Pemuka Agama.

Dalam sambutannya Pak Bupati Theofilus Allorerung menyampaikan akan rasa syukurnya atas terlaksananya acara ni dengan sukses dan menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Wakil Gubernur atas perkenaannya hadir dalam acara ini. dan berharap agar 22 Maret mendatang Gubernur Sahrul Yasin Limpo bisa hadir dalam Ibadah penutupan I. Injil Masuk Toraja dimulai dari kolam ini dimana ditandai dengan di baptisnya 29 orang oleh Pendeta Yonatan Kelling dari Bantaeng pada tanggala 16 Maret 1913 seratus tahun yang lalu, demikian disampaikan oleh Pak Bupati., dan ini adalah sejarah yang dicatatkan dalam perkembangan agama Kristen di Toraja, Peristiwa hari ini merupakan sejarah dan akan disimpan untuk 200 tahun mendatang dimana di tempat ini akan dibuatkan prasasti peringatan. Dan Peserta juga diberikan daftar hadir dengan membubuhkan tanda tangan dan daftar ini akan disimpan sebagai bukti sejarah untuk anak cucu kelak. Beliau jg menyampaikan rasa terima kasih nya kepada Panitia Nasional atas upayanya hingga bisa terlaksana dengan baik.

Keseluruhan Pembiayaan acara ini adalah dana secara mandiri dari Masyrakat.

Acara ini akan berlangsung selama 7 hari hingga tgl 22 mendatang sejumlah kegiatan akan dilaksanakan selama 7 hari antara lain Peresmian Gedung Gereja di Buisun Buntu Burake sebagai Gereja pertama yang dibangun tahun 1915, Peneguhan Jemaat Kasimpo sebagai Jemaat Pertama di Toraja. Peresmian Hutan wisata Pango-pango sebagai Hutan Injil Masuk Toraja sekaligus akan di tanam ribuan Pohon dan pada setiap pohon akan dicabadikan nama Penanamnya pada pohon tersebut. Dan acara di tutup pada tgl 22 sekaligus penanda tangananPrasasti Peringatan 100 Tahun Injil Masuk Toraja.

Sementara itu Wakil Gubernur Agus Nu’mang dalam sambutannya menyampaikan penghargaan yang tinggi dan merasa bangga bahwa namanya juga akan ikut tercata dalam sejarah peringatan ini. Beliau juga menyampaikan permohonan maafnya atas ketidak hadirannya sekarang karena bertepatan dengan Hari Ulang tahun beliau yang seyogyanya Beliau yang akan hadir dan berjanji beliau akan hadir nanti pada tanggal 22 Maret mendatang.

Sambutan kemudian dilanjutkan oleh Ketua Panitia Nasional Bpk. Yonathan Para’pak dan berturut-turut Perwakilan dari para Pemimpin Gereja-Gereja Di Toraja.

Untuk yang dari Non Kristen di wakili Oleh Bapak Yunus Kadir.

 

 

Displaying 2 Comments
Have Your Say
  1. Otto says:

    Selamat atas suksesnya pelaksanaan pembukaan/ibadah raya I 100 Thn IMT. Luar biasa limpahan kasih dan rahmat Tuhan bagi kita masyarakat Toraja. Patutlah kita memuliakan Dia dan mengagungkan NamaNya.Untuk seluruh masyarakat Toraja dimanapun berada, mari satukan langkah kita dan satukan hati kita bersyukur kepada Tuhan, mari kita terus menyaksikan injil damai sejahtera untuk semua, amin.

  2. Otto says:

    Selamat atas suksesnya pelaksanaan pembukaan/ibadah raya I 100 Thn IMT. Luar biasa limpahan kasih dan rahmat Tuhan bagi kita masyarakat Toraja. Patutlah kita memuliakan Dia dan mengagungkan NamaNya.Untuk seluruh masyarakat Toraja dimanapun berada, mari satukan langkah kita dan satukan hati kita bersyukur kepada Tuhan, mari kita terus menyaksikan injil damai sejahtera untuk semua, amin.

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Switch to our mobile site