Published On: Sun, Jun 26th, 2011
Uncategorized | By admin

Demonstran Mamasa Jangan Picu Anarkis di Polman

Share This
Tags

POLMAN (TCN) – Polres Polewali Mandar (Polman), Sulawesi Barat, meminta kepada seluruh demonstran yang berasal dari Kabupaten Mamasa, agar tidak memicu tindakan anarkis saat menyampaikan aspirasinya di Polman.

“Kami meminta kepada seluruh demonstran yang berasal dari Mamasa untuk tidak melakukan tindakan-tindakan anarkis yang bisa saja menimbulkan pandangan buruk bagi warga Polman,” kata Kapolres Polman, AKBP I Gusti Ngurah RM di Polman, Minggu.

Dalam beberapa hari terakhir terdapat informasi akan datangnya sejumlah demonstran dari Mamasa untuk menuntut Kejaksaan Negeri (Kejari) Polman segera membatalkan proses eksekusi yang telah ditetapkan melalui keputusan Mahkamah Agung (MA) kepada Bupati Mamasa, Obednego Depparinding.

Kapolres menyatakan tidak melarang demonstran menyampaikan aspirasi, namun aksi yang dilakukan tidak menimbulkan provokasi dan bisa mengganggu keamanan Polman sebab warga lokal bisa saja menganggap hal tersebut sabagai tindakan yang tidak benar.

“Kami tetap menghargai kebebasan berdemokrasi melalui kebebasan menyampaikan aspirasinya agar bisa didengarkan oleh beberapa pihak yang dianggap berkepentingan di dalamnya, namun semuanya harus sesuai dengan norma dan aturan,” imbuhnya.

Selain itu, Kapolres juga meminta kepada demonstran yang ingin menyampaikan aspirasinya untuk segera menyampaikan surat pemberitahuan kepada Polres Polman tiga hari sebelum kegiatan demonstrasi dilakukan.

Hal tersebut untuk segera mengantisipasi seluruh kemungkinan yang tidak diharapkan terkait pengamanan dan ketertiban lalu lintas agar warga serta pengguna jalan juga tidak merasa terganggu dengan aktivitas yang dijalankan para demonstran.

Sepekan sebelumnya, demonstran dari Mamasa telah melakukan aksi penolakannya di beberapa tempat, termasuk di Kejari dan Pengadilan Negeri (PN) Polman agar eksekusi Obednego dihentikan dengan pertimbangan keamanan Mamasa.

Oleh karena itu, Kapolres juga berharap warga Polman untuk tetap memberikan keleluasaan kepada sujumlah demonstran yang menyampaikan aspirasi dan tidak terpancing dengan situasi yang terjadi.

“Kami yakin seluruh warga Polman mampu memahami hal tersebut, yang penting kedua pihak bisa saling memahami sehingga tidak menimbulkan saling ketersinggungan dan seluruh proses yang dijalankan oleh warga Polman maupun demonstran berjalan tanpa hambatan,” ungkapnya.

Dalam beberapa pekan terakhir, Kapolres mengaku telah menyiagakan sejumlah pasukan pengamanan untuk mengawal para demonstran yang sewaktu-waktu akan menyampaikan aspirasinya di Kejari Polman.

“Kami juga telah melakukan koordinasi kepada beberapa pihak keamanan di Mamasa terkait hal ini untuk mengupayakan antisipasi jika akan terjadi aksi demonstrasi yang sifatnya anarkis,” ujar Kapolres.

Sumber: Antara

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Switch to our mobile site