Published On: Sat, Jun 18th, 2011
Uncategorized | By admin

Rp88M dana PUAD untuk Toraja

Share This
Tags

TORAJA (TCN) — Dua kabupaten di Toraja, yaitu Kabupaten Tana Toraja dan Toraja Utara pada 2011 ini menerima bantuan terbesar untuk pengembangan usaha agribisnis pedesaan (PUAD) sebesar Rp83 miliar. Anggota DPR RI dari Golkar, Markus Nari berharap bantuan PUAP untuk dua kabupaten ini tepat sasaran, tepat biaya, dan sesuai peruntukannya. “Utamanya penerapan penguatan ekonomi masyarakat yang tangguh,” jelasnya kepada BKM kemarin.

Menurut Markus Nari, bantuan agribisnis untuk Kabupaten Tana Toraja sebesar Rp33 milyar. Dana ini untuk 33 kelompok tani, dengan jumlah bantuan per kelompok Rp100 juta untuk dikelola secara bergilir. Sedangkan Kabupaten Toraja Utara sebanyak Rp55 milyar untuk dikelola sesuai jenis usaha dan kegiatan kelompok generasi muda, tutur Markus Nari.

“Demikian pula sektor pariwisata hendaknya pemerintah daerah sudah menyiapkan semua perangkat, seperti infrastruktur sebagai pedoman penguatan promosi pariwisata hingga ke luar negeri. “Kepada pemerintah daerah saya imbau agar menyiapkan semua perangkat untuk kepentingan pariwisata baik infrastruktur maupun sumberdaya manusia serta kesiapan pengelolaan sumberdaya alam yang unik dan menarik,” sambung Markus Nari.

Kadis Pertanian Tanaman Pangan dan Holtikultura Tana Toraja Yunus Palayukan, menjelaskan bahwa tiap kelompok tani nantinya akan mengelola dana Rp100 juta untuk sektor peternakan dan pertanian.

Diakui Yunus Palayukan, peningkatan kesejahteraan masyarakat sektor pertanian sudah dirasakan manfaatnya dengan meningkatnya ekonomi masyarakat melalui pembinaan kelompok tani secara berkelanjutan.

Meski demikian, bantuan agribisnis pertanian tersebut akan diperioritaskan pada sentra pengembangan berdasarkan wilayah perioritas pembangunan terpadu. “Ini sebagai wujud pemerataan pembangunan antar wilayah,” urai Yunus Palayukan.

Sumber : Berita Kota Makassar

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Switch to our mobile site