Published On: Thu, Sep 20th, 2012
Uncategorized | By admin

Ketika Impian Mulai Menjadi Nyata

Share This
Tags

TCN.com — Gembira luar biasa! Dan terharu melihat foto-foto tanaman jagung dan aneka sayuran, yang dikirim duo rekan kita, Herson dan Jemmy, langsung dari lokasi pertanian SPP Pala’pala’, Makale. Mengapa?

Jujur saja, saya tidak menyangka tanaman jagung – yang bibitnya dibeli dari saweran KDP melalui grup maya di Internet- sekarang sudah berbuah. Dan, itu membuatnya tampak begitu seksi.

Tiba-tiba saja muncul memori masa kecil, semasa saban malam ikut bersama ayah menjaga jagung yang mulai berbuah di kebun. Saat mulai berbuah, jagung menjadi incaran empuk menggiurkan bagi kawanan babi hutan, yang saban hari melakukan serangan fajar!

Koordinator SSN Toraja berdiri di tengah kebun Jagung yang kini lebih tingga dan sudah berbuah. Foto: Herson TP

Saya melihat, impian itu mulai menjadi nyata bagi kita! Tidak lama lagi, kita memiliki bibit jagung unggul, bersertifikasi, asli dari tanah kita. Bisa ditanam oleh orang-orang tua kita dari kampung ke kampung. Dan, bahkan ditanam di luar daerah kita. Siapa tidak gembira?

Bayangkan, begitu panjang waktu yang dibutuhkan untuk lahirnya sebuah ide yang sederhana, aplicable, dan berdampak panjang. Bayangkan, begitu banyak waktu, tenaga, pikiran – dan kadang-kadang perasaan – yang dikorbankan untuk menemukan kata sepakat. Bayangkan pula, waktu yang dibutuhkan untuk berkomunikasi, menghubungkan, membangun saling pengertian.

Bertumbuh seiring dengan perhatian dan dukungan Sangtorayan


Jagung ini adalah bagian dari Program Peduli Perantau untuk Pangan Toraja, dimotori oleh grup maya toraja, Solata Social Network (SSN) dan Sangkutu Banne bekerjasama dengan satu-satunya sekolah pertanian di Toraja, SPP Pala’pala’.

Idenya sudah ditemukan dan format pelaksanaan disepakati, bagaimana menjelaskan kepada members? Tidak mudah membagikan mimpi, apalagi mengajak dan memotivasi ikut terlibat, yakni dengan menyumbang dana 20 ribu melalui gerakan Kasiturusan Duang Pulo (KDP). Apakah Anda juga ingin ikut terlibat?

Sangtoraya melihat niat baik, disertai keyakinan, dan aksi nyata. Satu-persatu, mulai tergerak ikut terlibat. Program ini sepenuhnya dibiayai dari Dana KDP SSN, yang dari gerakan members meyisahkan Rp20 ribu untuk mendukung program-program bersama. SSN juga akan mengadakan Malam Apresiasi Budaya (MAB) yang tahun ini dipusatkan di Makale. Diharapkan, pemerintah, masyarakat serta para perantau Toraja juga ikut berpartisipasi.

Ajang reunian itu akan diisi festival band dan kuliner, malam seni budaya. Pada acara itu, Bibit jagung unggul bersertifikasi dari Pala’pala’ direncanakan akan dibagikan kepada para petani.

Aktivis Program Peduli Pangan Toraja, Herson T Pasuang siap menjadi mata dan telinga bagi Sangtorayan dengan malaporkan perkembangan program, setiap waktu. Foto: Herson TP


Tentu saja, Program Peduli Perantau untuk Pangan Toraja akan bertambah luas, seiring dukungan Sangtorayan yang semakin luas, tak terbatas di dunia maya.

Dukungan Sangtorayan

Pengelola program ini mengajak Anda, semua Sangtorayan untuk mensukseskan program ini. Sekecil apapun kontribusi kita semua, sekalipun hanya cukup untuk membayar tenaga kerja 2 jam saja atau hanya cukup untuk membeli sabit untuk membersihkan tanaman, atau 1 kg pupuk, etc akan sangat berarti bagi kesuksesan program ini.

Doakan! Dan bila tergerak untuk berkontribusi, silahkan disalurkan lewat rekening SANGKUTU BANNE : Bank Mandiri cabang Jakarta Prapatan dengan No. rek 103-00-05631-37-5 a/n bendarara group kerja SANGKUTU BANNE : LUCY LEMBANG BURA atau lewat rekening SSN : Bank Mandiri dengan No Rekening : 152-00-1211004-1 a/n : ANY/SSN).

Bila ada yang ingin meminta penjelasan lebih jauh, dapat menghubungi kami dengan menulis di wall SANGKUTU BANNE atau wall SSN atau menghubungi kami di 0821 146 187 51. Semua donasi yang disalurkan lewat SSN maupun SB , akan diserahkan pada bendahara tim kerja dilapangan yang terdiri dari personil SPP, SANGKUTU BANNE dan SSN dan diawasi penggunaannya oleh Yayaysan Palisu Padang/SPP Pala Pala, Admin SANGKUTU BANNE dan Admin SSN. Semua akan dilaporkan secara terbuka, bukan hanya penerimaan tapi juga pengeluaran.

Jemmy Joe memetik kacang panjang di kebun sayuran tanpa bahan pestisida di SPP Pala’pala’. Foto: Herson TP


Jika Anda ingin ikut terlibat penuh dalam program ini, silakan klik link ini:

Sangkutu Banne:
http://www.facebook.com/groups/lanapomelotondok/
Solata Social Network (SSN) : http://www.facebook.com/groups/solata.social.network/

Oh ya, terima kasih, jika Anda bisa membagikan artikel ini ke teman-teman kita!

Yamoke!
Stepanus Wilfrid Bo’do
email: swilfrid2@yahoo.co.id
Twitter:@stepanuswilfrid
Facebook:http://www.facebook.com/stepanusw

Displaying 2 Comments
Have Your Say
  1. Jelas banget…ini menjawab banyak pertanyaan. Ide sederhana, dilaksanakan dgn konsisten, menyentuh kehidupan org banyak, pasti berhasil… Thx Pong Oles…saya ke TKP sesuai info di atas..

  2. Jelas banget…ini menjawab banyak pertanyaan. Ide sederhana, dilaksanakan dgn konsisten, menyentuh kehidupan org banyak, pasti berhasil… Thx Pong Oles…saya ke TKP sesuai info di atas..

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Switch to our mobile site