Published On: Sun, Nov 25th, 2012
Uncategorized | By admin

Dianggap Kurang Lengkap, TORAJA Keluar dari Paket Tur Wisata Eropa

Share This
Tags

isu terorisme di Poso, Sulawesi Tengah, ikut berpengaruhi

Adu kerbau sebagai bagian dari ritual rambu solo’ di Toraja, menjadi salah satu daya tarik bagi wisatawan.

MAKASSAR, TCN.com — Objek unggulan wisata Toraja telah keluar dari paket tur wisata travel agen dunia karena dianggap tidak aman dan kurang lengkap untuk industri pariwisata Eropa.
Hal itu disampaikan Ketua DMO Cluster Toraja Luther Barrung usai mengikuti pertemuan stakholder pariwisata yang digagas Kementerian Pariwisata dan Industri Kreatif selama dua hari di Makassar, Minggu (25/11)
Menurutnya, kunjungan wisatawan di Toraja anjlok sejak kerusuhan yang mengarah sara (suku, agama dan ras) terjadi di Poso, Sulawesi Tengah.
“Issu yang mengarah ke sara atau terorisme jelas membuat wisatawan khususnya pasar Eropa mengeluarkan Toraja dari paket tur wisata, dengan alasan uncomplete (kurang lengkap). Mereka juga menganggap daerah Poso identik dengan masyarakat di Toraja,” keluh dia.
Mantan Kepala Pemasaran Dirjen Pemasaran Pos dan Telekomunikasi ini menyayangkan lemahnya langkah antisipasi yang dilakukan pemerintah sehingga beberapa tur operator dunia telah menghilangkan Toraja dalam penyusunan paket-paket tur wisata internasional.
Data Dinas Budaya dan Pariwisata (Disbudpar) Toraja Utara mencatat total kunjungan wisatawan macanegara pada 2009 lalu capai 20.559 orang.
Hanya pada 2010 alami peningkatan cukup drastis sebanyak 7.037, atau total 27.596 orang. Sedangkan di 2011 kembali mengalami penurunan yakni 21.027 wisman. Sementara itu sampai pada bulan September 2012 ini, tercatat hanya 7.650 wisatawan.
Berturut-turut wisman kunjungi Torut tahun 2005 sebanyak 13.987. Tahun 2006 alami penurunan drastis hanya tercatat 5.321 Wisman. Di 2007 alami penurunan kembali menjadi 4.999 wisman. 

Source: Bisnis Indonesia

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Switch to our mobile site