Published On: Mon, Jul 25th, 2011
Uncategorized | By admin

Sentuhan Budaya Kalimantan pada Pernikahan Toraja

Share This
Tags

Penari Dayak mengiringi Pengantin
MAKALE (TCN) — Sebagai perantau Toraja yang menetap di Kalimantan, Selvi (Selvince Lenggo Rindingpadang) & Aster (Asterius Mase) memiliki rasa cinta terhadap budaya Kalimantan, di samping budaya asal mereka sendiri. Wujud kecintaan itu mampu diterjamahkan tim 99 Party Organizer pada acara pernikahan Selvi&Aster yang berlangsung pada 14 Mei di Hotel Puri Artha, Makale,Tana Toraja. Yakni dengan memadukan budaya Kalimantan dan Toraja lewat tarian khas suku Dayak dan kreasi Toraja.

Pa'gellu', tarian khas Toraja


Para penari lengkap dengan kostum dan property seperti mandau, bulu burung enggang dan tameng mengiringi mempelai menuju tempat pelaminan. Variasi bunyi-bunyian ala suku Dayak cukup menarik perhatian para undangan yang memenuhi lokasi resepsi pernikahan. Tentu ini sekaligus menjadi tontonan yang menarik karena belum pernah ada sebelumnya.
Mendekati pelaminan, mempelai disambut penari-penari cantik dalam balutan busana Toraja.

Pengantin diapit penari Toraja


Di bagian tarian yang lain, penari pria ala suku Dayak itu menari bersama para penari kreasi Toraja. Prosesi inilah yang menceritakan perjalanan kedua mempelai dari Samarinda-Kaltim menuju kampung halaman di Toraja, untuk menyatukan hati mereka dalam ikatan perkawinan suci.
Indah dan uniknya prosesi ini cukup mengundang decak kagum para tamu undangan, sehingga mereka pun mengungkapkan apresiasi mereka lewat tepuk tangan yang meriah setelah prosesi berlangsung.

Tarian khas Dayak, Kalimantan


Sekilas Tentang 99 PO
99 Party Organizer hadir sejak 10 April 2011. Kami siap membantu mewujudkan pesta istimewa seperti acara anak-anak dan acara pernikahan. Membantu dalam konsep acara sampai dekorasi. Soal biaya sangat negotiable karena buat kami, acara sederhana pun bisa dikemas secara istimewa. Segera hubungi 99 Party Organizer, Jl. Toddopuli Raya 4 STP 14/14 Makassar, Hp. 081 355 785 981. Update info di 99wo.blogspot.com atau klik like fanpage facebook: 99 Party Organizer & Decoration

Sumber: www.99wo.blogspot.com

Displaying 5 Comments
Have Your Say
  1. Idha Pasangallo says:

    Nice posting… bangga pernah sumbang ide dlm moment ini dan yg pasti sy bangga pernah jadi bagian dr 99 Party Organizer….walaupun dah jauh di papua, bakalan tetap kangen dengan 99 PO apalagi klien puassssss…..mizz u guys..

  2. Selvince Lenggo.R says:

    pokoknya T.O.P Banget….
    trims 99 PO

  3. sangmane says:

    Perpaduan antar beberapa budaya dan adat dalam beberapa bentuk acara sudah banyak terjadi seperti di Papua, Palu dll….di toraja mungkin yang pertama dan ini perluh di kembangkan sebagai salah satu daya tarik.

  4. Ardi Gala says:

    Makasih TCN, sudah dimuat. Semoga apa yg kami lakukan bisa ikut menjadi sarana promosi budaya kita secara tidak langsung, sehingga kita makin mencintai budaya kita.

  5. thanx for TCN tlah memuat berita ini smoga berita” lainxtetap d muat ngitung” sbagaipromosi budaya toraja…ok lanjutkan sangmane,…..

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Switch to our mobile site